Keinginan untuk mendirikan PSTG (Program Studi Teknik Geologi) Unsri sudah sangat lama. Bahkan, ketika saya masih mahasiswa di Jogja, sudah terdengar rencana untuk itu. Pada tahun 1999, saya tahu bahwa DIKTI belum memberi ijin pendirian PSTG karena meminta revisi kurikulum dan pemenuhan staf pengajar. Namun, ini tidak segera diperbaiki. Staf dosen KBK geologi yang sekolah, menjadi satu alasan. Endang Wiwik Dyah Hastuti melanjutkan S3 di ITB pada tahun 1999. Tahun berikutnya, Budhi Kuswan Susilo menyusul ke ITB untuk melanjutkan pendidikan S2. Sementara Edy Sutriyono sendirian meng-handle KBK Geologi di Jurusan Teknik Pertambangan. Berat rasanya, kalau beliau  sendirian mengusahakan pendirian PSTG.

Tahun 2009, gagasan pendirian PSTG mencuat kembali. Dengan kekuatan 6 orang geologist, yakni Prof. Dr. Ir. Edy Sutriyono, M.Sc., Dr. Ir. Endang Wiwik Dyah Hastuti M.Sc., Budhi Kuswan Susilo, S.T., M.T., Falisha, S.T., M.T. (keempat dosen adalah staf tetap di Jurusan Teknik Pertambangan), Ir. Chairil Syafri, M.Sc. (Pensiunan Medco, dosen luar biasa di Teknik Pertambangan), dan Budhi Setiawan, S.T., M.T., Ph.D (staf dosen Teknik Sipil), maka mantap untuk mengusulkan ijin pendirian PSTG. Kerja keras Pak Edy, Bu Wiwik, dan Pak Budhi dengan di-support teman-teman lainnya dalam penyusunan proposal dan upaya pendaftaran online, maka segala sesuatu telah dijalani sesuai dengan prosedur dari DIKTI.

Pada akhirnya, MENUNGGU adalah kata akhir hingga kini tentang STATUS pendirian PSTG. Ya…Menunggu 16 April 2012 melalui pengumuman ONLINE pada http://prodibaru.dikti.go.id.

Salam Menunggu!

Budhi KS